Minggu, 12 Juni 2016

[RESENSI FILM]: Refrain




Identitas Film
Judul                           : REFRAIN (SAAT CINTA SELALU PULANG)
Sutradara                     : Fajar Nugros
Produser                      : Ody Mulya
Genre Film                  : Drama Romantis Remaja
Produksi                      : MAXIMA PICTURES
Penulis Skenario          : Haqi Achmad
Novel ‘REFRAIN‘     : Winna Effendi
Pemain                        : Afgansyah Reza (Nata), Maudy Ayunda (Niki), Maxime Bouttier (Oliver), Chelsea Islan (Annalise), Stevani Nepa (Helena), Aditya Firmansyah (Kakak Nata)
Musik                          : ADDIE MS
Lokasi                         : Vienna, Austria
Durasi                          : 110 Menit
Tanggal Rilis               : 20 Juni 2013
Lagu Tema                  : Cinta Datang Terlambat (Vocal : Maudy Ayunda)

Sinopsis 
Refrain, mengisahkan  tentang dua orang remaja yaitu  Nata dan Niki, yang bersahabat sejak mereka masih kecil. Selain kedua orangtua mereka saling kenal, tempat tinggal antara keluarga Niki dan Nata juga sangat berdekatan. Oleh sebab itulah hampir semua rutinitas mereka terjadi bersamaan, mulai dari bangun tidur, sekolah dan sebagainya. Saat Niki dan Nata beranjak dewasa serta masuk di sekolah yang sama, keduanya mulai membahas dengan apa yang disebut cinta. Mereka berjanji jika ada yang merasakan jatuh cinta terlebih dulu maka harus saling cerita. Namun secara tiba-tiba mereka dihadapkan pada suatu konflik percintaan karena Nata jatuh cinta pada Niki. Nata merasa perasaannya terhadap Niki tersebut dapat merusak persahabatan yang selama ini telah mereka jalin, sehingga Nata mengurungkan niatnya untuk mengutarakan cintanya pada Niki. Di saat yang hampir bersamaan, Niki yang tidak mengetahui tentang perasaan Nata  menjalin hubungan  dengan Oliver, Oliver merupakan kapten Tim Basket SMA Pelita yang sebelumnya pernah menjadi lawan tanding tim Basket sekolah Nata dan Niki. Seorang  pemuda yang menjadi idaman gadis-gadis yang berada di sekolah Niki dengan wajahnya yang bisa dibilang ganteng, kaya dan menawan. Sebenarnya Nata sempat bertekad untuk mengungkapkan perasaannya terhadap Niki karena adanya dorongan dari Anna. Seorang gadis indo yang menjadi sahabat baru bagi Nata dan Niki, akan tetapi Nata membatalkan niatnya lagi karena Niki sudah memutuskan untuk menjalin hubungan bersama Oliver. Refrain, sebenarnya menyajikan konflik cinta segitiga dalam persahabatan yang terjadi antara Nata, Anna, dan Niki. Sebagai seorang murid pindahan, ternyata secara diam-diam Anna menaruh hati pada Nata sejak dia pertama kali dia hadir di sekolahnya sekarang. Namun Anna mengetahui bahwa yang ada di hati Nata adalah Niki dan tidak bisa digantikan oleh dirinya.

Kelebihan
Film Refrain ini termasuk film kisah cinta anak muda yang tergolong ringan. Pesan cerita yang disampaikan pun sangat mudah diterima oleh penonton. Film Refrain menjadi semakin menonjol karena diperankan oleh beberapa artis muda terkenal, seperti Maudy Ayunda, Afgansyah Reza, dan Chelsea Islan.

Kekurangan
Cerita cinta remaja SMA dalam film Refrain ini yang terlalu sederhana dan alur cerita yang monoton, sehingga cepat ditebak oleh penonton. Ada beberapa pemain yang aktingnya tidak natural dan terlihat kaku pada saat memainkan peran.

Penilaian saya terhadap Film Refrain
Untuk keseluruhan, saya sangat suka dengan film Refrain ini. Karena saya sudah pernah membaca novel Refrain karya Winna Effendi ini, menjadikan saya penasaran dengan film yang diadopsi dari novel tersebut. Kisah cinta SMA yang saya yakin ada beberapa bahkan kebanyakan dari penonton pernah mengalami kisah cinta serupa, yaitu mengenai friendzone. Nilai moral yang saya dapat dari film ini adalah tentang persahabatan antara Nata, Niki, dan Anna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar