Senin, 13 Juni 2016

[SEMINAR]: IKA Fikom dan Bank Indonesia “Empowering Campus” Ayo Jadi Enterpreneur!



Kegiatan yang bertemakan “Ayo Jadi Enterpreneur!” ini diadakan pada hari Kamis, 28 April 2016. Acara ini diselenggarakan di Aula Utama Unisba yang dihadiri oleh sejumlah mahasiswa Unisba, para Dosen, serta para Alumni Unisba dari berbagai angkatan. Pembicara  dalam kegiatan ini adalah Ahmad Reza (Vice President Corporate Communication Bank Mandiri), Jaya Setiabudi (Founder YEA – Young Enterpreneurs Academy), dan Yogi Tyandaru (Alumni Fikom Unisba, Owner & CEO Grup Fajar). Sambutan pertama ditampilkan oleh ketua IKA Fikom Unisba, yaitu Elbadam Huri. Ia mengatakan bahwa diadakannya kegiatan ini supaya IKA Fikom dapat selalu akan menjadi bagian dari Fikom Unisba. Selanjutnya, sambutan dilanjutkan oleh O. Hasbiansyah selaku Dekan Fikom Unisba dan pembuka acara disambung oleh Bapak M. Thaufiq S. Boesoirie selaku Rektor Unisba. Sekaligus Bapak Rektor Unisba menghibur kami semua dengan menyanyikan sebuah lagu.

Sebelum acara diisi oleh ketiga pembicara utama, materi pembuka dijelaskan oleh Azka Subhan A selaku Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat. Ia menjelaskan mengenai Perkembangan Perekonomian Terkini melalu perspertif Global, Nasional, dan Daerah dan Pembangunan UMKM. Setelah materi mengenai perkembangan perekonomian disampaikan, masuk kepada pembicara pertama, yaitu oleh Ahmad Reza. Ia menjelaskan bagaimana memulai membuat suatu produk yang akan dijual, bagaimana menciptakan industri baru, dsb. Pembicara kedua, yaitu Jaya Setiabudi selaku Founder YEA menjelaskan bahwa apabila kita sudah memiliki niat untuk membuat suatu bisnis, lakukanlah sekarang. Jangan menunda-nunda hanya karena kita terbatas pada modal. Tidak semua bisnis harus memakai modal besar, banyak bisnis kecil yang memiliki peluang besar untuk kita jalankan. Ia memberi motivasi kepada kita semua agar tidak mudah menyerah. Sebagai seorang Enterpreneur, sudah sepatutnya kita memiliki mental yang kuat dalam menghadapi segala sesuatu dan harus mau mengambil resiko. Setelah pembicaraan menjadi semakin seru, materi dilanjutkan oleh pembicara terkahir, yaitu Yogi Tyandaru selaku Owner & CEO Grup Fajar sekaligus Alumni Fikom Unisba. Ia menjelaskan bagaimana ia memulai bisnis sejak awal dari tidak memiliki apa-apa, sampai sukses hingga sekarang. Beliau juga mengingatkan apabila kita sudah menjadi orang sukses, jangan lupa untuk memberi untuk orang-orang yang membutuhkan.

 
 
Acara semakin ramai dengan diadakannya sesi tanya jawab dari para audiens. Selanjutnya acara ini ditutup dengan pembagian berbagai macam hadiah dari pihak IKA Fikom Unisba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar